header-int

Kuliah Tamu di FEB UOGP Bahas Inklusi Pajak untuk Generasi Muda dan Pendekatan Eksport bagi UMKM

Senin, 16 Okt 2023, 15:14:48 WIB - 358 View
Share

Kuliah Tamu di FEB UOGP Bahas Inklusi Pajak untuk Generasi Muda dan Pendekatan Eksport bagi UMKM

Jayapura, 16 Oktober 2023 - Bertempat di Ruang Aula Fakultas Ekonomi & Bisnis (FEB) Universitas Ottow Geissler Papua (UOGP), Kanwil DJP Papua, Papua Barat & Maluku bersama Bea Cukai telah menggelar Kuliah Tamu yang sukses dan informatif. Acara ini dihadiri oleh mahasiswa dan dosen FEB UOGP. 

Kuliah Tamu dimulai dengan berdoa bersama yang dipimpin oleh Wakil Dekan II FEB, Bapak Yohanes Marani, S.E., M.Si. Kemudian, Dekan FEB, Bapak Jimmi Ari Duri, S.E., M.Si memberikan sambutan resmi sekaligus membuka acara Kuliah Tamu.

Sesi pertama Kuliah Tamu menghadirkan Bapak Heri Suswanto, S.E., Ak., M.Si, Kepala Kanwil DJP Papua, Papua Barat, dan Maluku, yang menyampaikan materi tentang "Inklusi Pajak untuk Generasi Muda yang Taat Pajak di Masa Depan.

Setelah presentasi, sesi tanya jawab dipandu oleh moderator, Ibu Renova Simanjuntak, SE., M.Si., yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengajukan pertanyaan. Pertanyaan dari mahasiswa termasuk isu NPWP, Tax Amnesty, pembayaran pajak untuk bisnis, dan batasan Pinjaman Luar Negeri. 

Melalui pelaksanaan kuliah tamu ini, mahasiswa dapat mendalami konsep inklusi pajak, mengenali signifikansi kepatuhan terhadap pajak, dan menyadari implikasinya dalam jangka waktu yang akan datang. Proses ini tidak hanya memperluas pandangan mereka mengenai persoalan perpajakan, tetapi juga memberikan manfaat berupa peningkatan pemahaman, pengalaman praktis, dan peluang perkembangan karier yang bernilai bagi para mahasiswa.  

Sesi kedua membahas "Pendekatan Eksport bagi UMKM" dan dipresentasikan oleh Samuel Jacobus Mayckel Siahainenia, Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai serta Dukungan Teknis. Dalam sesi tanya jawab, mahasiswa mengajukan pertanyaan tentang Dinas Perhubungan, batasan nilai dalam ekspor barang, dan apakah ada lembaga khusus yang harus dihubungi sebelum melakukan ekspor sebagai UMKM. 

Dari pelaksanaan kuliah tamu ini Mahasiswa dapat memahami praktik dan prosedur yang terkait dengan ekspor bagi UMKM dan mendapatkan wawasan mendalam tentang isu-isu terkait ekspor barang, seperti peran Dinas Perhubungan dan batasan nilai dalam ekspor 

Acara ini memberikan wawasan yang berharga tentang isu-isu perpajakan dan ekspor kepada generasi muda yang bersemangat untuk belajar dan berkontribusi pada masa depan Indonesia. Semoga Kuliah Tamu ini akan mendorong pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya pajak dan ekspor bagi perkembangan ekonomi Indonesia di masa mendatang.

Dengan demikian, Kuliah Tamu di masa yang akan datang diharapkan dapat menjadi sarana yang berhasil dalam memberikan pengetahuan dan inspirasi bagi mahasiswa dan memberikan pemahaman mendalam mengenai isu-isu krusial seperti perpajakan dan ekspor bagi generasi muda. Semoga kuliah tamu ini terus memberikan manfaat bagi mahasiswa dan membantu mempersiapkan mereka untuk masa depan yang penuh potensi dalam dunia perpajakan dan ekspor (yoseb).