header-int

Mahasiswa FEB Universitas Ottow Geissler Papua, Meraih Juara Satu Lomba Menulis Artikel Pariwisata

Jumat, 30 Jun 2023, 14:05:09 WIB - 594 View
Share

Foto Bersama : Maikel Walilo & Aksamina Maria Wandamo Peraih Juara 1 Lomba Menulis Artikel Pariwisata

 

Kota Jayapura - Dua mahasiswa Universitas Ottow Geissler Papua (UOGP), Maikel Walilo dan Aksamina Wandamo, berhasil menjuarai lomba Menulis Artikel Pariwisata di Festival Portnumbay Eksplor Skouw, yang berlangsung di kampung Skouw Mabo, Distrik Muaratami, Kota Jayapura pada sabtu, (24/6/2023).

Maikel dan Aksa adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi & Bisnis (FEB) UOGP Program Studi  Ekonomi Pembangunan dan Akuntansi yang berhasil mengharumkan nama Kampus setelah menyabet juara 1 di perlombaan tersebut. Artikel pariwisata berjudul "Perayaan Festival Portnumbay Explore Skouw di Kampung Skouw Mabo" yang dibuat bersama sukses menarik perhatian para juri dan berhasil menyaingi beberapa peserta mahasiswa dari 3 kampus lainnya di kota Jayapura yaitu Universitas Cendrawasih, Universitas Sains dan Teknologi Jayapura, dan Universitas Muhamadiyah.

selain itu, mereka juga  adalah anggota relawan TIK Papua perwakilan Universitas Ottow Geisler Papua yang mengikuti kegiatan tersebut bersama teman-temannya dari Fakultas Ekonomi & Bisnis dan Fakultas Sains dan Teknologi UOGP. Organisasi Relawan TIK Papua sendiri merupakan organisasi yang bergerak di bidang teknologi informasi dan komunikasi melalui literasi digital kepada seluruh kalangan masyarakat Kota Jayapura dan sekitarnya.

Penyerahan Hadiah Oleh Penjabat Wali Kota Jayapura Kepada Peserta Juara 1 Lomba Menulis Artikel Pariwisata

 

Relawan yang tergabung disini adalah para mahasiswa dari 4 Universitas di Kota Jayapura yaitu Universitas Cendrawasih, Universitas Sains dan teknologi Jayapura, Universitas Ottow Geissler Papua, dan Universitas Muhamadiyah. Adapun kegiatan yang dilakukan oleh Relawan TIK Papua yaitu mengadakan Camping dan pemberian materi-materi tentang UMKM Go Digital, Belajar Jurnalisme Pariwisata dan EKRAF, Promosi Pariwisata dan EKRAF melalui media sosial, serta lomba menulis berita Pariwisata dan EKRAF.

Festival Portnumbay Explore Skouw diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kota Jayapura pada tanggal 22-24 Juni yang diikuti oleh beberapa organisasi lainnya seperti Relawan TIK Papua, Club Camping, dan sebagainya.

Foto Bersama: Mahasiswa Universitas Ottow Geissler Papua

 

Kepala Dinas Pariwisata Kota Jayapura, Mathias B.  Mano, mengatakan bahwa, tujuan dari penyelenggaraan Festival tersebut  adalah untuk membuka potensi-potensi baru dengan konsep dari kampung ke kampung, agar masyarakat kampung bisa meningkatkan ekonomi mereka di bidang Pariwisata. Banyak kegiatan yang dilakukan seperti festival tokok dan ramas sagu, Papua jungle chef, Skouw surfing, Skouw etnic attractions, dan masih banyak lagi.

Acara puncak dari festival ini dilaksanakan pada Sabtu (24/6/2023), dihadiri oleh Pejabat Wali Kota Jayapura Frans Pekey, sekaligus   memberikan hadiah perlombaan, serta menutup dengan resmi kegiatan dengan pemukulan tifa.

Pekey berharap, melalui kegiatan Festival yang diadakan, masyarakat kampung lebih semangat untuk membangun potensi wisata di kampungnya agar tidak ketinggalan dengan daerah lain. Dan juga diharapkan agar kegiatan Festival ini dapat diadakan setiap tahun agar masyarakat kampung dapat mempromosikan destinasi mereka dan masyarakat perkotaan juga dapat mengenal kampung-kampung yang ada di seluruh Kota Jayapura, ujarnya.*(Penulis : Aksa Wandamo | Editor : Nuh)